Daftar Umroh
Daftar Umroh
Daftar Haji
Daftar Haji
Daftar Badal Haji
Badal Haji
Arti & 🕋 Pengertian Umroh ✔️ | Mitra Haji

Selasa, 19 Februari 2019

Arti & 🕋 Pengertian Umroh ✔️

🕋 Persyaratan Umroh ✔️


Menurut bahasa umroh Artinya berkunjung, dengan makna tersebut  didefinisikan sebagai keinginan yang kuat dan Niat yang pasti sangat lah di dambakan dengan tempat yang sangat di idamkan dan ingin sekali mengunjingi baitullah.

Dengan hal tersebut dikarenakan ibadah umroh. boleh juga di lakukan kapan saja tidak terikat dengan waktu dengan melaksanakan ibadah haji yang hanyalah dilakukan pada bulan dzulhijjah setiap satu tahun sekali saja dan seumur hudup. Sedangkan secara istilah (syar’i) dan terminologi fiqih, ibadah umroh adalah mengunjungi kota mekkah dan madinah dengan melakukan beberapah ibadah umroh yaitu (thawaf dan sa’i) dengan tata cara dan peraturan tertentu.

Ataupun anda bisa dikatakan dengan kata berbeda bahwa umroh yaitu mendatangi baitullah dengan niat untuk melakukan ibadah umroh dengan persyaratan yang sudah ditentukan nya. Ini sungguh sangat lah berhadapan dengan ibadah haji oleh karna itu ibadah haji boleh dilakukan sekali dalam setahun, akantetapi melakukan ibadah umroh boleh berulang - ulang kali, akan tetapi hukumnya  itu tetap sama bahwa sanya umroh itu hanya laksanakan sekali dalam seumur hidup.

Namun apabila tak seseorangpun tersebut tidak dapat* melakukanya berulang kali itu di bolehkan oleh Nabi Muhamad SAW, dengan begitu didalam ibadah umroh adabeberapa  keutamaan sebagaimana Nabi Muhamad SAW, bersabda “dari umroh ke umrah Yaitu penghapus dosa di antara keduanya”.

Selain itu yang sudah saya sebutkan diatas, umroh disebut al-hajju l-ashghar  Yaitu arti nya (haji kecil), yang bahasa yaitu berarti ‘berkunjung’, dan adapun keterangan  istilah berarti ‘mengunjungi ke Baitullah untuk melaksanakan ibadah thawaf, sa’i dan tahalul “bercukur” demi melaksanakan ibadah umroh dari ridho Allah’.

Dan adapun semua tata cara nya sudah ditentukan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana dengan kenyatan dahulu, dan untuk diperkenankan melakukan tata cara / urut-urutan dalam ibadah umroh yang pas dengan keinginan kita. Keutamaan Ibadah Umroh Keutamaan-keutamaan setelah melakukan ibadah umroh, terdapat sebuah sahih hadits yang menyebutkan keutamaan dan pahala setelah melakukan ibadah umroh, yang menyebabkan tidak sedikitpun orang berlomba-lomba untuk mendapatkan dan menyegerakan dalam menjalankan ibadah umroh ke tanah suci ini.

Bahkan sebagian orang-orang biasa saja kadang-kadang kekayaan dan hartanya tidak memungkinkan nya untuk pergi melaksanakan ibadah umroh, mereka juga sangat sekuat tenaga dengan berikhtiar dan berdoa demi melakukan keutamaan ibadah untuk mendapatkan pahala dengan menjalankan ibadah umroh ke tanah suci.

Beberapa Keutamaan pahala setelh menjalankan ibadah umroh ✔️ :

Sebagai Pengampun Dosa. Sebagaimana yang telah diterangkan* dalam suatu* hadist inilah* ini* Dari Abu Hurairah RA berkata: “Rasulullah bersabda: “Para jamaah haji dan umrah merupakan utusan* Allah. Jika mereka berdo’a kepada-Nya, Allah bakal* mengabulkannya. Dan andai* mereka meminta ampun, maka Allah bakal* mengampuni-nya”. (HR An-Nasaiy dan Ibnu Majah).

Sebagai Delegasi/Tamu Allah Yng Setiap Do’anya Akan Dikabulkan. Sebagaimana yang disebut dalam hadist lain. Dari Abu Hurairah RA berkata: “Rasulullah bersabda: “Para jamaah haji dan umrah merupakan perintah Allah SWT. Jika mereka berdo’a kepada-Nya, Allah SWT akan mengabulkannya. Dan sebagai mana mereka meminta ampun, maka Allah  SWT akan mengampuni-nya”. (HR An-Nasaiy dan Ibnu Majah).

Bagi para jamaah perempuan yang akan melaksanakan keutamaan pahala untuk pengampunan dosa, akanlah dikabulkan do’a-do’anya, bahkan melunaskan untuk ibadah umroh atau haji hukumnya menyelesaikan tugas jihad sebagaimana yang dilakukan kaum laki-laki berjihad di medan perang. Sebagaimana yang telah disabdakan oleh rasusullah : Rasulullah SAW bersabda: “Jihadnya orang yang sudah menua, dan anak-anak, orang yang lemah dan wanita, adalah haji dan umrah“. (HR An-Nasaiy).

Hukum Menjalankan Ibadah Umroh  yaitu:

Disebut wajib dan ibadah umroh itu yang baru sekali-kalinya dilaksanakan sehingga disebut sebagai Umratul Islam. dan  itulah umroh sebab sebab nadzar  disebut sebagai umroh wajib, andaikan kata duhulu kau pernah bernadzar bahwa esok akan melaksanakan atau membayar ibadah umroh, dan sekarang kau sudah maju dan sukses maka lakukan lah, dan oleh karna itu hukumnya sangat lah wajib.

Disebut sunnah andaisaja ibadah umroh ini telah dilaksanakan untuk saat kedua kali dan seterusnya dan  dukan dulu perna bernadzar. Misalnya andaisaja tahun kemarin sudah mengerjakanya ibadah umroh, dan bila kau maumelakukan ibadah umroh lagi, maka umroh yang kedua kali ini hukumnya sunnah. Namun dikalangan berpengalaman* fiqih yang telah menyepakati bahwa ibadah umroh tersebut dan itu hukumnya wajib, walaupun sejumlah ulama memiliki pendapat yang bertolak belakang mengenai hukum ibadah umroh.

Waktu Ibadah Umroh Sesuai dengan definisi Ibadah umroh diatas, kita dapat simpulkan bahwa ibadah umroh dapat dilaksanakan kapan saja kecuali pada hari yang dimakruhkan laksana hari arafah, nahar dan tasyriq. Perbedaanya dengan ibadah haji hanyalah masa-masa nya saja yaitu 8–12 dzulhijjah.

Karena dalam batasan masa-mas tidak terdapat ikatanya, dalam pelaksanaanya bisa digabungkan atau dilaksanakan secara bersamaan dengan tour muslim atau liburan di dekat kota-kota mekkah dan madinah, waktunyapun pun dapat dicocokkan dengan jadwal-jadwal kegiatan atau liburan anak-anak dengan memanfaatkan momen-momen tertentu laksana halnya tahun baru, bulan ramadhan dll.



0 komentar:

Posting Komentar